SSH,SFTP&SCP

Secure Shell, Secure Copy & Secure FTP

Secure Shell (ssh) adalah suatu protokol yang memfasilitasi sistem komunikasi yang aman diantara dua sistem yang menggunakan arsitektur client/server, serta memungkinkan seorang user untuk login ke server secara remote. Berbeda dengan telnet dan ftp yang menggunakan plain text, SSH meng-enkripsi data selama proses komunikasi sehingga menyulitkan penyusup/intruder yang mencoba mendapatkan password yang tidak dienkripsi. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin secara remote. Bentuk akses remote yang bisa diperoleh adalah akses pada mode teks maupun mode grafis/X apabila konfigurasinya mengijinkan.
SSH dirancang untuk menggantikan service-service di sistem unix/linux yang menggunakan sistem plain-text seperti telnet, ftp, rlogin, rsh, rcp, dll). Untuk menggantikan fungsi ftp dapat digunakan sftp (secure ftp), sedangkan untuk menggantikan rcp (remote copy) dapat digunakan scp (secure copy).
Dengan SSH, semua percakapan antara server dan klien di-enkripsi. Artinya, apabila percakapan tersebut disadap, penyadap tidak mungkin memahami isinya. Bayangkan seandainya Anda sedang melakukan maintenance server dari jauh, tentunya dengan account yang punya hak khusus, tanpa setahu Anda, account dan password tersebut disadap orang lain, kemudian server Anda dirusak setelahnya.
Implementasi SSH yang banyak dipakai saat ini adalah OpenSSH, aplikasi ini telah dimasukkan kedalam berbagai macam distribusi linux. Redhat Linux versi 9 sudah menyediakan program tersebut dalam format RPM.

SCP protokol

Protokol SCP adalah protokol jaringan, yang berbasis pada protokol RCP BSD, yang mendukung transfer file antar host pada jaringan. SCP menggunakan Secure Shell (SSH) untuk transfer data dan menggunakan mekanisme yang sama untuk otentikasi, sehingga memastikan keaslian dan kerahasiaan data dalam transit. Seorang klien dapat mengirim (upload) file ke server, opsional termasuk atribut dasar mereka (permission, cap waktu). Klien juga dapat meminta file atau direktori dari server (download). SCP berjalan di atas TCP port 22 secara default. Seperti RCP, tidak ada RFC yang mendefinisikan protokol spesifik.

SSH File Transfer Protocol

Dalam komputasi, SSH File Transfer Protocol (juga File Transfer Protocol Rahasia, Secure FTP, atau SFTP) adalah sebuah protokol jaringan yang menyediakan akses file, transfer file, dan fungsionalitas file manajemen atas setiap aliran data yang dapat diandalkan. Ini dirancang oleh Internet Engineering Task Force (IETF) sebagai perpanjangan dari versi protokol Secure Shell (SSH) 2,0 untuk menyediakan kemampuan transfer file aman, tetapi juga dimaksudkan untuk dapat digunakan dengan protokol lain. IETF dari internet menyatakan bahwa meskipun Rancangan protokol ini dijelaskan dalam konteks protokol SSH-2, dapat digunakan dalam sejumlah aplikasi yang berbeda, seperti transfer file aman melalui Transport Layer Security (TLS) dan transfer manajemen informasi dalam aplikasi VPN.

Protokol ini mengasumsikan bahwa itu dijalankan melalui saluran yang aman, seperti SSH, bahwa server telah dikonfirmasi klien, dan bahwa identitas pengguna klien tersedia untuk protokol.

sumber : en.wikipedia.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s